Tatsqif Tentang Ghirah Agama

Bismillah

Memahami bagaimana kita dalam menjalani agama, sebagai seorang muslim pasti mempunyai keinginan selalu bersemangat untuk menjalankan ibadah dan tujuan yang untuk Allah bukan untuk orang lain atau selain Allah.

 

Lalu apa itu bagaimana pintu Islam? apa itu pintu masuk Islam? kalau jawabannya dengan syahadat itupun juga gk salah. Waktu dulu ada sebuah lagu yang booming dan semua orang mengucapkannya. Apa itu bisa dikatakan masuk Islam. Pintu Islam yaitu kalimat Laa ilaha ilallah

 

kalimat Laa ilaha illallah akan banyak arti dan tafsirnya serta memiliki keutamaan yang sangat agung yang tidak mungkin bisa dihitung.

Kata illah => Tuhan bisa juga sesembahan

Apa yang dimaskud kata tersebut yaitu kita harus yakin seyakin-yakinnya.

Ada analogi seperti ini suatu ketika kita pergi dengan kendaraan bermotor kita kita bawa sim & stnk dan pada hari itu ada razia motor besar-besaran. Pasti kita merasakan panik dan bingung. Bila yakin tidak aka kena tilang dan berpikir bisa menghadapi permasalahan tersebut. Dan saat semua orang diberhentikan oleh polisi, orang tersebut berhasil lolos dari razia tersebut.

Kunci nya kita harus YAKIN.

Kegiatan apapun yang dilalukan akan mudah didapatkan “Kami yakin Allah Kasih”

 

Surat yasin ayat 9 arab:

وَجَعَلْنَا مِنْۢ بَيْنِ اَيْدِيْهِمْ سَدًّا وَّمِنْ خَلْفِهِمْ سَدًّا فَاَغْشَيْنٰهُمْ فَهُمْ لَا يُبْصِرُوْنَ

 

Arti surat yasin ayat 9:
Dan Kami jadikan (sifat tamak dan gila mereka kepada harta benda dan pangkat itu sebagai) sekatan (yang menghalang mereka daripada memandang kepada keburukan dan kesingkatan masa dunia yang ada) di hadapan mereka, dan sekatan (yang menghalang mereka daripada memikirkan azab yang ada) di belakang mereka (pada hari kiamat). lalu Kami tutup pandangan mereka; maka dengan itu, mereka tidak dapat melihat (jalan yang benar).

 

Selanjutnya, kata Laa artinya Tuhan

Surat At-Taubah Ayat 31

اتَّخَذُوا أَحْبَارَهُمْ وَرُهْبَانَهُمْ أَرْبَابًا مِنْ دُونِ اللَّهِ وَالْمَسِيحَ ابْنَ مَرْيَمَ وَمَا أُمِرُوا إِلَّا لِيَعْبُدُوا إِلَٰهًا

Artinya : Mereka menjadikan orang-orang alimnya dan rahib-rahib mereka sebagai tuhan selain Allah dan (juga mereka mempertuhankan) Al Masih putera Maryam, padahal mereka hanya disuruh menyembah Tuhan yang Esa, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia. Maha suci Allah dari apa yang mereka persekutukan.

Kaum Yahudi dan Nasrani telah menjadikan para ulama dan para ahli ibadah mereka sebagai tuhan-tuhan yang menggariskan hukum-hukum syariat bagi mereka, maka mereka memeganginya dengan teguh dan meninggalkan ajaran-ajaran Allah. Dan mereka telah menjadikan Al-masih isa putra Maryam sebagia sesembahan yang mereka sembah. Padahal sesungguhnya Allah telah memerintahkan mereka semua bertauhid dan beribadak kepada Tuhan Yang Satu, tiada sesembahan yang berhak di ibadahi kecuali Dia. Maha bersih dan Maha suci Allah dari apa yang dibuat-buat oleh pembela kesyirikan dan penganut kesesatan.

 

Dan dizaman sekarang banyak ulama yang mana takluk terhadap penguasa, padahal mereka mengetahui kebenaran dan memahami syariat nya, lalu mengapa mereka mempertaruhkan itu semua hanya karena harta bahkan jabatan.

 

Surat Al-Ahzab Ayat 67

وَقَالُوا رَبَّنَا إِنَّا أَطَعْنَا سَادَتَنَا وَكُبَرَاءَنَا فَأَضَلُّونَا السَّبِيلَا

Artinya :

Dan mereka berkata: “Ya Tuhan kami, sesungguhnya kami telah mentaati pemimpin-pemimpin dan pembesar-pembesar kami, lalu mereka menyesatkan kami dari jalan (yang benar).

Selanjutnya yaitu yang menghalangi semua syari’at mu

Surat Al-Baqarah Ayat 165

وَمِنَ النَّاسِ مَنْ يَتَّخِذُ مِنْ دُونِ اللَّهِ أَنْدَادًا يُحِبُّونَهُمْ كَحُبِّ اللَّهِ ۖ وَالَّذِينَ آمَنُوا أَشَدُّ حُبًّا لِلَّهِ ۗ وَلَوْ يَرَى الَّذِينَ ظَلَمُوا إِذْ يَرَوْنَ الْعَذَابَ أَنَّ الْقُوَّةَ لِلَّهِ جَمِيعًا وَأَنَّ اللَّهَ شَدِيدُ الْعَذَابِ

Terjemah Arti:

Dan diantara manusia ada orang-orang yang menyembah tandingan-tandingan selain Allah; mereka mencintainya sebagaimana mereka mencintai Allah. Adapun orang-orang yang beriman amat sangat cintanya kepada Allah. Dan jika seandainya orang-orang yang berbuat zalim itu mengetahui ketika mereka melihat siksa (pada hari kiamat), bahwa kekuatan itu kepunyaan Allah semuanya, dan bahwa Allah amat berat siksaan-Nya (niscaya mereka menyesal).

Kejadian seperti ini banyak terjadi mungkin kita sudah mengetahui tapi karena kita belum paham dan mengerti apa yang dimaksud maka kita tidak tahu.

Mungkin kisah ini ada di sekitar kita, Allah menyuruh untuk menutup aurat, dan yang memberikan perintah itu adalah Tuhan, lalu ada pasangan suami istri yang dmana isti sudah menutup aurat untuk orang lain. Suami memperintahkan untuk membuka auratnya, isti sudah mentuhankan suaminya. Adalagi contoh lain, ada karyawan yang diperintahkan oleh bossnya untuk datang lebih pagi ke kantor, karyawan yang menduakan ibadahnya untuk urusan pekerjaan maka bos tersebut sudah berbagai tuhannya.

 

Selanjutnya, thaghut

Surat An-Nahl Ayat 36

وَلَقَدْ بَعَثْنَا فِي كُلِّ أُمَّةٍ رَسُولًا أَنِ اعْبُدُوا اللَّهَ وَاجْتَنِبُوا الطَّاغُوتَ ۖ فَمِنْهُمْ مَنْ هَدَى اللَّهُ وَمِنْهُمْ مَنْ حَقَّتْ عَلَيْهِ الضَّلَالَةُ ۚ فَسِيرُوا فِي الْأَرْضِ فَانْظُرُوا كَيْفَ كَانَ عَاقِبَةُ الْمُكَذِّبِينَ

Terjemah Arti: Dan sungguhnya Kami telah mengutus rasul pada tiap-tiap umat (untuk menyerukan): “Sembahlah Allah (saja), dan jauhilah Thaghut itu”, maka di antara umat itu ada orang-orang yang diberi petunjuk oleh Allah dan ada pula di antaranya orang-orang yang telah pasti kesesatan baginya. Maka berjalanlah kamu dimuka bumi dan perhatikanlah bagaimana kesudahan orang-orang yang mendustakan (rasul-rasul).

Pembahasan yang sangat mendalam dan menambah pemahaman kita semua baik yang membaca, menulis, dan terutama yang memyampaikan materinya. Semoga materi tatsqif bisa menambah wawasan kita terhadap agama kita yaitu ISLAM

 

Jazzakumullah Khair teruntuk pengurus dan anggota ARMADA yang sudah meluangkan waktu untuk hadir di acara tersebut.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WhatsApp Us :)