Kajian Akhir Tahun Untuk Melangkah Lebih Baik

 

Mujahidarmada Latepost.

Satu tahun bukanlah masa yang pendek. Ia terdiri dari dua belas bulan, satu bulan tiga puluh hari, satu hari dua puluh empat jam, satu jam enam puluh menit, satu menit enam puluh detik. Di setiap detik berlalu, pasti ada nikmat Allah ta’ala yang tercurah, dan ada pula amanat Allah yang harus ditunaikan.

Muhasabah dalam pandangan Muhasibi, mewariskan nilai tambah dalam berpikir (basirah), kecerdikan, dan mendidik untuk mengambil keputusan yang lebih cepat, memperluas pengetahuan, dan semua itu didasarkan atas kemampuan hati untuk mengontrolnya.

 

Selayaknya bagi mereka yang mau berpikir, untuk menilai dirinya pada setiap umurnya setahun berlalu, yang akan dipertanggung jawabkan di hadapan Allah ta’ala. Amirul Mu’minin, Umar bin Khattab berkata, “Hisablah dirimu, sebelum kamu dihisab Allah, timbanglah amal kebajikanmu sebelum ditimbang Allah.”

 

Setiap Mukmin dituntut untuk selalu meningkatkan kualitas amalnya. Untuk peningkatan kualitas amal, muhasabah (evaluasi) sangat diperlukan. Tanpa muhasabah tidak akan ada peningkatan kualitas amal. Karena itu, muhasabah menjadi karakter utama pribadi Mukmin,

 

Alhamdulillah atas izin dan limpahan rahmat Allah SWT.
Kajian akhir tahun yang diselenggarakan oleh masjid Daarul uluum dan ARMADA. Dengan tema muhasabah akhir tahun dapat terlaksana dengan lancar. Alhamdulillah kajian cukup ramai diisi oleh para jamaah masjid Daarul uluum baik pria atau wanita, bahkan hingga ke anak anak kecil para generasi penerus.

Jazakallah khairan katsiraa kepada ustadz @ubaidillah_assofary yang telah meluangkan waktunya untuk mengisi kajian di masjid Daarul uluum.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *