Jangan Berputus Asa Untuk Terus Berdo’a

Do’a dan usaha merupakan kekuatan ummat muslim karena do’a dan menunjukkan kedekatan seorang hamba terhadap tuhan-Nya serta usaha merupakan implementasi dari keyakinan terhadap Tuhan-Nya. Ulama sufi mengatakan bahwa orang yang tidak mau berdo’a dan lebih mengandalkan usahanya, maka ia telah terjebak dalam kesombongan, sedangkan orang yang mengandalkan do’a serta mengabaikan usahanya merupakan orang yang bodoh.

Mengenai usaha dan do’a, mengaca pada kisah-kisah ummat terdahulu merupakan sebuah salah satu ibrah yag dapat diambil oleh kita yang berada di zaman saat ini. Salah satu kisah diantaranya adalah kisah Ibunda Nabiyullah Musa AS yang bermunajat kepada Allah SWT agar dikaruniai keturunan wanita agar terhindar dari kekejaman Fir’aun. Namun kehendak Allah berkata lain, Ibunda Nabiyullah Musa AS melahirkan beliau AS pada saat tahun dimana Fir’aun memerintahkan pasukannya untuk membunuh semua bayi laki-laki saat itu.

Dalam kisah ini sekilas Allah SWT tidak mengabulkan munajatnya ibunda Nabiyullah Musa AS, namun ketika kita mampu mengambil ibrah darinya, maka dapat kita ketahui bersama bahwa dengan lahirnya Nabiyullah Musa AS, maka kerajaan Fir’aun pun runtuh. Hal ini menunjukkan bahwa do’a ibunda Nabiyullah Musa AS yang hanya menginginkan anak perempuan demi terhindar dari kekejaman Fir’aun, namun Allah SWT tetapkan ketentuan yang berbeda bahkan tidak hanya terhindar dari kekejaman Fir’aun, tapi juga meruntuhkan kekuasaan Fir’aun dan membebaskan Bani Israil.

Kisah tersebut menunjukkan bahwa selayaknya kita sebagai hamba jangan pernah berputus asa untuk terus berdo’a kepada Allah SWT. Oleh karena itu, bersabarlah dalam bermunajat karena apa yag kau munajatkan pasti didengar oleh Yang Maha Mendengar. Bersabarlah pula atas jawaban Allah SWT dari segala do’amu karena Dia akan membalas sesuai dengan kebutuhanmu, bukan keinginanmu. Allah akan membalasnya pada waktu yang Dia tentukan ataupun menggantinya dengan pahala yang baik untukmu. Karena itu, jangan pernah berputus asa untuk terus bermunajat kepada-Nya.

 

Penulis : Kiki S.R

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *