Beribadah atau Kebutuhan

Assalamualaikum wr.wb.
Sobat muda berkah, berikut sebuah tulisan dari pemilik sekolah jodoh, setia furqon khalid, mudah2an memberi inspirasi dan menambah wawasan untuk anda. Selamat menikmati..👇

Kata Siapa Nikah itu Enak?

Sekarang sedang tren nikah muda, tapi ga sedikit juga yang cerai muda. Kok bisa?
Mungkin kurang ilmu atau mental yang belum siap. Padahal nikah itu perjanjian kuat yang ga main-main.

Sekarang sedang tren hijrah, tapi ada juga yang hijrahnya cuman ingin dapetin suami yang soleh. Kok gitu?
Padahal hijrah itu harusnya semata-mata karena Allah. Pasangan itu bonus dari pemantasan diri.

Inget, kenikmatan pernikahan itu berbanding lurus denhan tanggung jawab yang diemban.

Sudah siapkah kau menjadi suami yang mengimami?
Sudah siapkah menjadi istri yang mentaati?
Sudah siapkah menjadi ibu yang menyayangi?
Sudah siapkah menjadi ayah yang diteladani?
Sudah mampukah menafkahi?
Sudah siapkah menyatukan dua pribadi dengan satu visi?

Maka, carilah istri yang bukan sekadar cantik, tapi solehah.
Karena yang solehah pasti belajar berhias untuk suami. Yang cuman cantik belum tentu.

Maka carilah suami yang bukan sekedar tampan dan mapan. Karena yang sederhana namun bertanggung jawab lebih menjanjikan masa depan.

Jangan Remehkan Permainan Petak Umpet

Petak umpet adalah sejenis permainan cari dan sembunyi yang bisa dimainkan oleh minimal 2 orang yang umumnya berada di luar ruang. permainan ini tidak butuh biaya apapun, hanya butuh lapangan, pohon/tembok, dan tempat umpatan.

Cara bermain :

– Dimulai dengan Hompimpa untuk menentukan siapa yang menjadi “kucing” (berperan sebagai pencari teman-temannya yang bersembunyi).

– Si kucing ini nantinya akan memejamkan mata atau berbalik sambil berhitung sampai 10, biasanya dia menghadap tembok, pohon atau apasaja supaya dia tidak melihat teman-temannya bergerak untuk bersembunyi

– Tempat jaga ini memiliki sebutan yang berbeda di setiap daerah, contohnya di beberapa daerah di Jakarta ada yang menyebutnya INGLO, di daerah lain menyebutnya BON dan ada juga yang menamai tempat itu HONG)

– Setelah hitungan sepuluh dan setelah teman-temannya bersembunyi, mulailah si “kucing” beraksi mencari teman-temannya tersebut.

– Jika si “kucing” menemukan temannya, ia akan menyebut nama temannya sambil menyentuh INGLO atau BON atau HONG.

– Temannya yang bersembunyi dapat mengendap-endap menuju INGLO, BON atau HONG, jika berhasil menyentuhnya, maka semua teman-teman yang sebelumnya telah ditemukan oleh si “kucing” dibebaskan, sehingga si “kucing” harus kembali menghitung dan mengulang permainan dari awal.
———————
Permainan ini selain bermanfaat untuk olahraga juga bermanfaat untuk melatih skill militer. kenapa ? karena secara teknik, teknik militer dibagi dalam 3 era :

– ERA KLASIK & ABAD PERTENGAHAN (pakai pedang, panah, baju besi berat-berat, perisai, artileri segede rumah, benteng-benteng raksasa dsb

– ERA GUNPOWDER & KOLONIAL : perang ala Koboi menembak sambil berbaris-baris (line infantry), di era ini prajurit tidak memakai baju besi dan jarang yang mengendap-ngendap

– ERA MODERN : era senjata mesin otomatis, sekali tembak keluar peluru 50 biji. pakai pesawat, radar, dsb. dimulai dari tahun 1900-an sampai sekarang. dalam era ini kemampuan mengendap-ngendap (stealth) sangat dibutuhkan, bahkan jadi yang utama

Mimin dulu dijuluki “invisible man” yang artinya “Kamvret” :v soalnya main petak umpetnya di RT 7, mimin ngumpetnya di RT 12. pas yg lain udah ketahuan, yang jaga nyari-nyari tuh sampe kecapean. di saat itulah mimin gerilya buat Inglo-in, berhasil dan dia jaga lagi. terus dia bilang “Kamvret” :v

“Petak umpet adalah 1/4 bagian Militer modern”

#KangenJamanOld ??

 

Penulis Rahmat Kartono

Fan Page Meme Ikhwan Akhwat

Mimpi

Mimpi.

Apa kabar kalian?

Apa kabar mimpi kalian?

Gue yakin semua orang pasti punya mimpi,

Tapi gue yakin juga ada orang yang takut dan ragu untuk bermimpi?

Iya kan??

Guys … perlu kalian ingat dan me-nyugesti pada diri kalian masing-masing. Bahwa, mimpi bukan hanya milik mereka orang yang kaya, cantik, pinter, ganteng, pejabat, menteri dan segala macem.

Gue, kalian, lo, dan kita semua punya impian yang ga ada batasannya…

Jangan pernah minder !!!

Kalian pake baju kok jadi jangan minder haha..

Emang mimpi bayar?

Enggak kan?

Jadi kenapa harus ragu-ragu dalam bermimpi?

Kenap harus punya mimpi?

Mimpi itu seperti tujuan yang akan kita tuju, yang akan kita datengin.

Jadi saat lo ga punya mimpi lo mau kemana?  Lo kan ga punya tujuan.

Mulai saat ini saat kalian masih bingung impian gue apa dan gue mau apa.?

Lo harus inget lagi apa yang ingin lo lakuin dimasa depan.

Misalnya gue pengen bisa ngebeli perusahan besar di korea selatan sperti SM TOWN dan perusahan besar lainnya.

Bermimpilah dan percaya bahawa apa yang lo inginin bakal terwujud.

Dan jangan lupa libatin Allah tentang apapun. Karena Allah Maha pemilik jagad ini, jadi mintalah kepada sang pemilik.

 

 

Penulis : NWA

 

Terima Kasih penulis NWA semoga mimpi-mimpi penulis dan pembaca bisa tercapai. Aamiin.

Kajian Akhir Tahun Untuk Melangkah Lebih Baik

 

Mujahidarmada Latepost.

Satu tahun bukanlah masa yang pendek. Ia terdiri dari dua belas bulan, satu bulan tiga puluh hari, satu hari dua puluh empat jam, satu jam enam puluh menit, satu menit enam puluh detik. Di setiap detik berlalu, pasti ada nikmat Allah ta’ala yang tercurah, dan ada pula amanat Allah yang harus ditunaikan.

Muhasabah dalam pandangan Muhasibi, mewariskan nilai tambah dalam berpikir (basirah), kecerdikan, dan mendidik untuk mengambil keputusan yang lebih cepat, memperluas pengetahuan, dan semua itu didasarkan atas kemampuan hati untuk mengontrolnya.

 

Selayaknya bagi mereka yang mau berpikir, untuk menilai dirinya pada setiap umurnya setahun berlalu, yang akan dipertanggung jawabkan di hadapan Allah ta’ala. Amirul Mu’minin, Umar bin Khattab berkata, “Hisablah dirimu, sebelum kamu dihisab Allah, timbanglah amal kebajikanmu sebelum ditimbang Allah.”

 

Setiap Mukmin dituntut untuk selalu meningkatkan kualitas amalnya. Untuk peningkatan kualitas amal, muhasabah (evaluasi) sangat diperlukan. Tanpa muhasabah tidak akan ada peningkatan kualitas amal. Karena itu, muhasabah menjadi karakter utama pribadi Mukmin,

 

Alhamdulillah atas izin dan limpahan rahmat Allah SWT.
Kajian akhir tahun yang diselenggarakan oleh masjid Daarul uluum dan ARMADA. Dengan tema muhasabah akhir tahun dapat terlaksana dengan lancar. Alhamdulillah kajian cukup ramai diisi oleh para jamaah masjid Daarul uluum baik pria atau wanita, bahkan hingga ke anak anak kecil para generasi penerus.

Jazakallah khairan katsiraa kepada ustadz @ubaidillah_assofary yang telah meluangkan waktunya untuk mengisi kajian di masjid Daarul uluum.

Baca Buku: Manhaj Tahdzir Kelas Eksekutif

Halo pembaca setia blog ini. Apa kabarnya nih?

Yup saya mengawali tahun baru ini dengan menulis satu postingan blog, yang memang sudah lama saya tak menulis kembali di sini. Ya awal tahun baru masehi ini, saya jadikan momentum untuk kembali produktif menulis.

Semalam saya dipinjamkan buku milik Akh Azhar berjudul “Manhaj Tahdzir Kelas Eksekutif” yang ditulis oleh Ustadz Adi Hidayat. Sudah lama memang saya “Penasaran” ingin membaca buku ini dikarenakan peristiwa yang dialami oleh Ustadz Adi Hidayat. MasyaAllah, beliau jawab dan tuangkan dalam sebuah buku ini. Ini merupakan hak publik untuk memperoleh informasi yang benar, juga bagian dari prioritas dakwah.

Tidak ada yang bebas dari celaan, termasuk tahdzir yang kadang getir. Bila Allah saja dicela hamba yang ingkar, malaikat dinista pelaku makar, bahkan Rasul ditahdzir golongan kafir, maka bagaimana dengan kita yang tentunya bukan Allah, malaikat, ataupun Rasul? Hanya yang kurang sehat bila berharap ujian diangkat.

 

Buku Manhaj Tahdzir Kelas Eksekutif – Ustadz Adi Hidayat

Saya tidak membahas banyak tentang buku ini pada tulisan kali ini. Saya ingin menyampaikan pesan-pesan yang saya dapat dalam buku ini.

  1. Pentingnya tabayyun sebelum membuat suatu kesimpulan dan tulisan.
  2. Menjalin dialog dengan cara yang santun.
  3. Pentingnya membangun ukhuwah sesama muslim.
  4. Pentingnya mengontrol lisan.
  5. Pentingnya merujuk pada sumber yang jelas (jangan bias, misal jangan pada cuplikan video singkat di youtube, usahakan menonton secara full).
  6. Pentingnya memperbanyak referensi/sumber.
  7. Berhati-hati ketika menilai suatu hal di luar kompetensi.
    Menjaga adab dalam mencari dan menerapkan pengetahuan.
  8. Lebih selektif dalam memilih guru. Bila hal yang dipelajari hanya mampu menjadikan Anda pandai mencela, paling jumawa, maka Anda tengah menjauh dari tuntunan Al-Quran dan Sunnah.

Seorang yang terlampau sibuk mengajar terkadang menjadi sulit untuk belajar. Demikian di antara ungkapan bijak yang patut disimak, terlebih bagi pengajar yang terkadang lupa mengamalkan hal yang diajarkan.

Buku ini mengajak kita untuk saling berbenah diri, melihat lebih tajam pada cermin aib pribadi. Bila tak mampu berlomba meningkatkan dzikir setidaknya ada usaha untuk tidak saling tahdzir. Sungguh angan yang melangit seringkali membuat kita turun ke bumi.

Mungkin itu saja yang bisa saya tuliskan. Kurang lebihnya saya mohon maaf.

Terima kasih.

 

Penulis : Mahisa Ajy Kusuma

Kesadaran Akan Merawat Gigi

Repost IG@ukhti_novia-Don’t forget to brush your teeth at least twice a day. After breakfast and before sleep😉

 

Jangan lupa menyikat gigi minimal 2 kali sehari. Diwaktu pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Kenapa harus diwaktu itu? Karena tujuan menyikat gigi adalah membersihkan sisa-sisa makanan yg menempel pada gigi geligi jadi sebaiknya menyikat gigi setelah makan bukan saat mandi. 2 waktu itu adalah waktu yg wajib banget untuk kita menyikat gigi kalo untuk siang hari tidak sempat menyikat gigi bisa dengan berkumur-kumur dengan air putih yang tidak berasa dan berwarna yaa.. *abaikan muka adenya yang agak ngeledek. Sebenernya dia lagi meragain cara sikat gigi tapi pake tangan😂
Iya bener kok untuk bagian gigi yang menghadap pipi dan bibir itu cara menyikat giginya searah pertumbuhan gigi klo gigi atas dari atas kebawah dan klo gigi bawah dari bawah ke atas, untuk bagian pengunyahan / yang biasa untuk makan gerakannya maju mundur, untuk bagian gigi yang menghadap langit atau lidah gerakannya sama searah pertumbuhan gigi juga. Terakhir lidah juga harus disikat ya karena sisa-sisa makanan menempel pada lidah juga, disikatnya jangan terlalu dalam karena bisa menyebabkan mual jadi cukup di ujung-ujung lidah aja disikatnya.. Awal-awal mungkin agak ribet ya😂 tapi harus dibiasakan agar dapat membersihkan sisa-sisa makanan yg menempel pada gigi geligi dan tidak merusakan gusi. Mungkin ada beberapa orang saat menyikat gigi berdarah, nah itu salah satu penyebabnya karna cara menyikat gigi yg salah loh.
Jadi mulai dengan menyikat giginya yg benar yaaa❤😊

 

Sudah Benarkah Bacaan Ku

Tahsin Quran. Membaguskan bacaan Quran bersama Ustadz Rizal. Kegiatan rutin Armada setiap pekan.

 

“KALAU bacaan Al Fatihah kita tidak sempurna, maka tidak sempurna pula shalat kita. Mending kalau shalat sendiri, kalau jadi imam? Tentu bertanggung jawab dia atas makmumnya. Nah Lho..! Apalagi bagi kaum hawa. Ibu itu Madrasatul Aulad, sekolahnya sang buah hati. Hayo, bisa ngajarin anaknya baca Qur’an tidak nanti?”

 

Tahsin secara harfiyah berasal dari ‘hassana-yuhassinu’ yang artinya ‘membaguskan’. Kata ini sering digunakan sebagai padanan ‘Tajwid’ yang berasal dari ‘jawwada-yujawwidu’. Karena itu, jumhur ulama kerap menyamakan pendefinisian tahsin itu dengan tajwid, yakni ‘mengeluarkan setiap huruf hijaiyah sesuai tempat keluarnya (makhorijul huruf) dengan memberikan hak dan mustahaknya’.

Dengan kata lain, metode Tahsin ialah metode untuk menyempurnakan semua hal yang berkaitan dengan kesempurnaan pengucapan huruf-huruf Al-Qur’an. Baik kesempurnaan sifat yang senantiasa melekat padanya, maupun pengucapan hukum bacaan satu huruf dengan lainnya seperti hukum nun mati dan tanwin, mim mati, hukum bacaan mad, dan sebagainya.

Lalu, mengapa kita harus belajar tahsin? Dari sisi definisi, sudah jelas sekali fungsi metode tahsin itu sama dengan tajwid, yakni untuk membagusi bacaan Al-Qur’an. Meninjau kembali firman Allah dalam Q.S. Al Muzammil ayat 4: “Dan bacalah Al-Qur’an itu dengan tartil”, menjadi landasan paling dasar yang tak bisa ditawar bahwa kita harus membaca Kalam-Nya dengan kaidah bacaan sesuai tajwid.

Selain memang perintah, membaca Al-Qur’an dengan prinsip ‘haqqa tilawah’ yakni ‘membaca dengan sebenar-benar bacaan’, sebagaimana diterangkan dalam QS. Al Baqarah: 121, merupakan refleksi keimanan terhadap kitab-Nya. Bahkan jika tidak melaksanakan, diancam kerugian dan kebinasaan abadi di akhirat nanti. Maka semangat untuk mempelajari Al Qur’an dan menyempurnakan bacaannya merupakan bukti kejujuran beriman kepada kitab-Nya.

 

tahsin, sebagai aktivitas memperbaiki bacaan alquran mengandung makna bahwa terjadi aktivitas mempelajari dan mengajarkan alquran. hal ini bersesuaian dengan hadits Nabi saw : “sebaik-baik kalian adalah yang mempelajari dan mengajarkan alquran”. Seyogyanya tahsin dilaksanakan dengan menghadap guru/ustadz/ustadzah yang kompeten dibidang ilmu Quran. Dan tanpa menunggu sempurna segera diamalkan dan diajarkan kepada orang lain, sebatas materi yang telah betul-betul dikuasai. Hal ini dimaksudkan, agar pembelajar tahsin termasuk dalam kategori sebaik-baik manusia. Allahu a’lamu.

Ingin Bergabung dengan Program Tahsin

Pelaksanan program Tahsin ARMADA :

Hari : Setiap Hari Rabu

Waktu : Pukul 19.30 Wib ( Setelah Ba’da Isya)

Cp : Rico ( 0812-8802-2379)

Awal Tahun diawali dengan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

 

 

Dari Berbarapa Sumber

by SAA

Armada Got Talent

mujahidarmada🌟🌠 _*The 1st ARMADA ISLAMIC FESTIVAL 2018*_ 🌠🌟 ✨ *ARMADA GOT TALENT* ✨ 🌏🐫 *Menyalurkan Bakat pemuda – pemudi muslim seBekasi* 🐫🌏 _Diselenggarakan pada_ : 📆 24 Februari 2018
🕌 Masjid Daarul ‘Uluum Bekasi
Jl. Berlian X, Rw 14 Kosti, Komp. Jatikramat Indah II, Kel. Jatikramat, Kec. Jatiasih, Bekasi. Kode pos : 17421 ❗Berikut rangkaian acara : ❗ 📌 *Tgl 1- 28 Jan 2018* ➡ Pendaftaran 📌 *Tgl 10 – 11 Feb 2018* ➡ (08.00 – selesai) Seleksi Audisi 📌 *Tgl 24 Feb 2018* ➡ (15.00 – selesai) Malam Puncak 🔖 _Catat tanggalnya_ =================== *Cara Pendaftaran*
(Pilih salah satu)

1. WA/SMS dengan format *(Nama_umur_alamat_jenis kelamin)* kirim ke 089623873793

2. Atau klik link :
📩 http://Bit.ly/casting2018

Buruan daftar!! Sebelum kuota habis. 🎉🔊 _Info:_
📲 089623873793 (WA/SMS)